PCE 10 04 - tips mencari memory dan sharing data via wireless

Sunday, December 12, 2010

tips mencari memory RAM yang baik


Banyak orang beranggapan memory mahal akan lebih cepat, itulah kesalahan umum dari kebanyakan user, menganggap RAM sekelas Corsair Dominator, OCZ reaper, Team Extreme, A-Data Extreme, dll yang pake heatsink serem-serem bahkan ada yang pake water cooling segala bakal menaikan performa komputer mereka. Sebetulnya untuk pemakaian sehari-hari tidak akan terasa perbedaannya dengan memory kelas value. Mau semahal apapun harga memory tidak akan meningkatkan performa menjadi lebih cepat 2Xnya.

Lalu apa yang membuat suatu RAM lebih mahal dari yang lain? Kenapa Corsair Dominator, OCZ reaper, Team Extreme, A-Data Extreme lebih mahal ketimbang Visipro atau Vgen sekalipun? walau kalau Anda pakai memroy tersebut sama-sama 2 GB juga akan sama saja.

membedakan kinerja dari RAM tersebut adalah jenis chip yang digunakan, jadi para produsen membeli chip tersebut dari pabrik lain dan membuat atau me-relabel chip tersebut. Intinya ada kemungkinan juga merek berbeda seperti Apacer, Visipro, Vgen, dll mempunyai chip yang sama.

Perbedaan kinerja pada saat standar tidak akan terasa mungkin hanya akan terasa pada saat benchmark memory tetapi pada penggunaan sehari-hari tidak akan terasa perbedaan kecepatannnya dengan memory standar value seperti Visipro value, Vgen value dll. Untuk value RAM kebanyakan yang beredar di pasar menggunakan IC (chip) Samsung dan Hynix(Hyundai). Terus gimana cara melihat chip yang digunakan?


Nama chip dengan mudah dilihat di atas IC yang menempel di memory

Pada beberapa memory premium, mungkin akan agak sulit melihatnya karena biasanya tertutup heatsink dan beberapa diantaranya tidak mengijinkan pembukaan heatsink-nya (alasan garansi). Salah satu contohnya adalah gambar di bawah ini, ini adalah contoh dari Team Xtreem menggunakan chip dari D9GKX


RAM bukan dilihat dari mereknya, atau juga bentuknya serta harganya. Kalau harga RAM sampai 1 juta sekalipun dengan heatsink macem-macem dan bentuk yang terlihat sangar tapi dijalanin default, sama aja mubazir. Punya RAM jutaan dengan heatsink macem-macem tapi chipnya Hynix atau samsung juga sama aja.

Tetap karakteristik dari chip yang dipakainya yang akan menentukan kualitasnya. Dan perlu diperhatikan bahwa kinerja seluruh RAM apabila dijalankan default ,bedanya pas benchmark default, itu juga dengan point terpaut dikit, sehingga percuma beli RAM wahid tapi dijalanin default. Kualitas RAM yang biasanya dilambangkan dari harga-nya dapat dilihat dari kemampuannya untuk berjalan di timing ketat dan juga frekuensi tinggi (overclocking).


cara sharing data via wireless

Dengan melihat IP address yang didapat oleh masing - masing komputer. ( karena cara diatas kita tidak mengisi nomor IP secara manual, tetapi secara otomatis/DHCP, ( maksudnya otomatis disini supaya lebih mudah , di bagian bawah ada cara setting IP secara ma


Cara melihat IP address yang didapat yaitu masuk kembali ke Network Connection dobel klik pada wireless network connection yang sedang terkonek kemudian klik Support, (dilakukan di kedua komputer ), kemudian bandingkan hasilnya.

· Masing - masing komputer harus mendapat nilai subnet mask yang sama : misal disini subnet masknya didapat 255.255.255.0 (kelas C), komputer-a dan komputer-b harus sama yaitu 255.255.255.0
Masing - masing komputer harus mendapat IP address yang satu network misal kalau komputer-a mendapat 192.168.0.X, maka komputer-b harus mendapat 192.168.0.X juga (hanya nilai Xnya saja yang berbeda antara komputer a dan b).

Klik Repair di salah satu komputer kalau tidak didapatkan nilai seperti ketentuan di atas, sampai mendapatkan IP address dan subnet mask yang sesuai.

Setting IP Secara Manual
Bisa saja pada beberapa kasus akan kesulitan mendapatkan IP sehingga koneksi tidak berhasil, maka kita harus set IP secara manual.


Caranya :
masuk ke network Connections-->klik kanan pada wireless network --klik properties.
Dobel klik pada internet protocol (Tcp/ip) --> klik pada use the following ip address.
Pada komputer kesatu set ip address : 192.168.0.1 subnet mask: 255.255.255.0


Pada komputer kedua set ip address : 192.168.0.2 subnet mask: 255.255.255.0
Pada komputer ketiga set ip address : 192.168.0.3 subnet mask: 255.255.255.0
Dan seterusnya..
Apabila komputer kesatu mempunyai koneksi internet dan akan sharing ke yang lainnya, maka pada komputer kedua, ketiga dan seterusnya. Kolom Default Gateway dan Preferred DNS servernya harus diisi yaitu : 192.168.0.1 .


Untuk melakukan Sharing Data :
Klik kanan pada drive atau folder yang akan disharing --> pilih Sharing and security
Contreng pada Share this folder on network, isi Share name.—> klik OK

· Untuk mengakses data dari komputer lawan bisa dilakukan dengan mengetik di RUN command \\namakomputer atau \\noIPaddress komputer lawan yang akan diakses.
Untuk Sharing Koneksi Internet
Di komputer yang ada koneksi internetnya masuk ke Network Connection --> Klik kanan pada koneksi internet yang akan disharing --klik properties

· Pilih Tab Advanced, Contreng Allow other network user to connect through this

· Klik tombol Setting, contreng services yang akan disharing, (yang mutlak untuk sharing internet adalah Web Server (HTTP), yang lainnya HTTPS, FTP, POP3, dll terserah anda sesuai kebutuhan, atau boleh juga pilih semua.--> kemudian klik OK

You Might Also Like

0 comments